STRATEGI MENJADI MASTER DALAM MENGELOLA EMOSI

Manusia tidak akan pernah lepas dari yang namanya emosi. Bahkan saat ini dikenal umum istilah kecerdasan emosi. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kecerdasan emosi adalah kemampuan seseorang dalam  pengendalian diri, semangat, dan ketekunan, serta kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustrasi, kesanggupan untuk mengendalikan dorongan hati dan emosi. Ada pula penelitian yang menyatakan bahwa manusia mengambil keputusan 80% dipengaruhi oleh emosi. Begitu pentingnya emosi hingga sering kali saya diminta untuk berbicara mengenai hal ini di berbagai perusahaan.

 

Tak jarang kita mengalami emosi negatif seperti rasa loyo, malas, takut, pesimis dan lainnya. Hal ini adalah perasaan yang wajar, saya pun sering mengalaminya. Yang menjadi tidak wajar adalah bila emosi negative menjadi penghambat kesuksesan kita. Tentu kita harus pandai pandai mengatur emosi agar segara action dan keputusan kita lebih tepat.

 

Cara termudah untuk mengubah rasa takut, pesimis, dan 5 L (Loyo, Lemah, Letih, Lesu dan Letoy) adalah dengan mengubah Gerakan. “Our emotions is created by our Motions” – Anthony Robins.  Mau bukti? Coba anda berdiri tegap, busungkan dada, angkat tangan tinggi ke atas, telapak tangan terbuka, kepala mendongak ke atas, mata terbuka lebar, dan senyum selebar-lebarnya. Kemudian anda coba bayangkan hal hal yang membuat anda sedih dan menangis.

 

Sudah dicoba? Bagaimana hasilnya? Sebagian besar peserta seminar yang saya minta melakukan ini, tidak berhasil menangis, mereka malah tertawa. Menarik bukan?

 

Jadi ada gerakan gerakan yang tidak memungkinkan kita untuk mengalami emosi negative, rasa takut, sedih, pesimis dan 5 L.  Jika emosi kita sudah benar tentu dalam mengambil keputusan dan tindakan, kita akan menjadi lebih tepat. Dan sukses menjadi lebih mudah kita raih.

 

Cara kedua untuk mengubah emosi negative adalah dengan mengubah focus. Fokus adalah hal hal yang kita pikirkan terus menerus. Contoh sederhana : Anda mungkin pernah mengalami hal ini. Suatu hari anda pulang dari kantor, sampai di rumah anda merasa sangat capai. Seharian ini anda mendapati banyak sekali masalah di kantor, atasan anda menegur anda, tugas tugas anda belum selesai padahal tenggat waktu tinggal seujung kuku, target perusahaan belum tercapai dan saat pulang, ditengah  jalan turun hujan lebat dan macet luar biasa. Anda sampai di rumah rasanya tenaga sudah habis, bahkan untuk bangkit dari tempat tidur dan mandi rasanya sudah tidak ada tenaga lagi. Tiba tiba ponsel anda bordering. Saat anda angkat, ternyata calon pacar anda yang menelpon. (Kenapa saya sebut calon pacar? Karena anda sudah nembak, tapi belum diterima juga. hehehe) Lalu suara yang sangat anda rindukan terdengar dari seberang telepon. “Halo say, lagi apa? Malam ini kita nonton yuk?” seperti inilah kata kata yang terucap dari si Dia. Tiba tiba anda langsung menjawab. “Ayoo..” dan dengan sigap anda bangun dan langsung menyambar handuk, mandi, memakai minyak nyong-nyong dan langsung berangkat dengan penuh semangat.

 

Apa yang terjadi? Kemana rasa loyo dan capai yang tadi dirasakan? Ternyata bila kita mengubah focus ke hal hal yang membuat kita semangat, maka rasa lelah, rasa capai, malas akan hilang seketika. Mulai hari ini mari kita menjadi pribadi yang jago mengelola emosi, sehingga menjadi lebih Dahsyat dan Semangat dalam menjalani hari.

SALAM SEMANGAT!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>