Inilah Kunci Sukses TimNas Indonesia

Kemenangan demi kemenangan yang berhasil diraih timnas Indonesia dalam kompetisi AFF CUP telah membuat bangsa Indonesia bangga. Tapi apakah penampilan mereka yang gemilang dikarenakan kehadiran dua pemain Naturalisasi? Mungkin, tapi itu bukan faktor yang utama.  Apa saja kunci sukses keberhasilan Tim Nasional Indonesia di AFF 2010 hingga membuat bangsa ini semakin menggandrungi sepak bola?

  1. Tim Yang Kompak

Tanpa menjaga kekompakan dan hanya mengandalkan teknik saja, akan membuat sebuah team menjadi lemah. Namun dengan menghayati kata kata Garuda di Dadaku, kerjasama yang solid  membuat Timnas mampu mengoyak gawang lawan.  Kekompakan tim nasional  Indonesia terlihat di sesi latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta. Para pemain rela menggotong gawang portabel bersama-sama. Mereka mengutamakan tim di atas kepentingan diri sendiri.

2. Berlatih dengan giat

Selain kekompakan latihan yang keras membuat para pemain timnas semakin ahli. “Practice Makes Perfect”.

3. Strategi yang Tepat

Selain itu, mereka juga terus mempelajari kemampuan lawan yang akan dihadapinya untuk menentukan taktik dan strategi mengalahkannya.

4.Pelatih dan Pemimpin yang Hebat

Sosok yang memiliki peranan besar adalah sang pelatih Alfred Riedl. Ada beberapa sifat yang menonjol dalam diri pelatih ini. Tegas, disiplin dan  reward & punishmentnya jelas dan ditegakkan. Ketegasannya terlihat dari keputusannya melarang para pemain bertemu dengan media massa yang dia berlakukan seusai babak penyisihan group, karena dia menilai pemberiataan timnas tidak proposional dan mengganggu konsentrasi para pemain. Kedisiplinan juga terlihat saat Boas Saloza terlambat datang ke Pelatnas, pelatih tidak menurunkannya dalam pertandingan.

5.Mental Juara

Menyimak lirik lagu ”Garuda di Dadaku” yang mengiringi setiap pertandingan Timnas dalam AFF, ada satu lirik yang menarik“ Ku yakin hari ini pasti menang”. Hal ini menunjukkan keyakinan yang sangat kuat bahwa Indonesia pasti juara.

Banyak pemain timnas yang baru berlaga diajang Piala AFF seperti  Crishtian G dan Irfan Bachdim, ada pula Zulkifli Syukur,  Ahmad Bustomi, dan Okto M, M. Nasuha. Namun mereka punya mental juara & semangat pantang menyerah. Terbukti, ketika menghadapi Malaysia Timnas tertinggal lebih dahulu namun berhasil membalikan keadaan.

6. Didukung dari mana – mana

Suporter Indonesia memang layak di acungi jempol, teriakan dan dukungan membahana begitu pertandingan dimulai sampai pertandingan berakhir, hal ini membuat para pemain timnas semakin bersemangat.  Apalagi pemimpin tertinggi di Negri ini, presiden SBY pun mendukung dengan menonton langsung pertandingan.

Jika Anda Suka dengan Artikel ini,  Bagikan Artikel DAHSYAT ini kepada Teman – teman Anda, Please Click F-SHARE Button di atas atau di bawah untuk Share kepada Teman2 Anda !!! Semoga Bermanfaat.

Christian Adrianto

Trainer & Motivator Terpanazzz Indonesia

http://www.motivasiindonesia.com
http://www.facebook.com/ChristianAdriantoMotivator

Klik Di sini untuk menuju ke HALAMAN UTAMA

2 Comments

  1. Pingback: Tips Dahsyat Sales

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *